Monday, July 8, 2013

Smart Home

Selamat Datang di NIAT BANGET
Sekarang saya akan membahas mengenai Smart home,yaa !! Smart home atau rumah pintar
Smart home merupakan sistem yang diterapkan di rumah, apartemen  atau pada gedung dengan bantuan komputer yang bermanfaat untuk memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis dan terprogram. Dapat digunakan untuk mengendalikan segala peralatan yang ada di rumah. Anda hanya perlu berbicara saja apa yang anda inginkan. Sangat menarik bukan?

Pada rumah dengan lahan yang luas, smart home akan sangat terasa sekali manfaatnya.Anda tidak perlu lagi khawatir dengan pintu yang belum terkunci, lampu yang belum dimatikan dll karena smart home akan melakukan itu semua secara otomatis. Namun, butuh biaya yang tidak sedikit untuk membuat “rumah pintar” seperti gambaran di bawah


Saat ini, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang berjalan dinamis, memberikan efek yang sangat signifikan. Contohnya saja, dengan kemajuan teknologi dapat memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih efisien, efektif, cepat dan murah. Smart home merupakan salah satu teknologi yang bagus, karena dapat melakukan pekerjaan apapun tanpa harus merepotkan sang pemilik rumah. Luar biasa!!
Untuk memiliki rumah pintar (smart home) kini bukan hanya sekedar impian. Biasanya kita hanya bisa melihat smart home canggih hanya di film-film fiksi ilmiah Hollywood. Anda tentu mengenal sosok Bill Gates dan Steve Jobs bukan? Orang-orang hebat diatas telah menggunakan smart home system di kediaman mereka.

Konsep 

Konsep yang ingin ditampilkan dari sistem smart home ini adalah bagaimana produk teknologi canggih dapat diaplikasikan untuk membantu penghuni rumah untuk melakukan pekerjaan rumah di manapun mereka berada. Misalnya kita bisa memonitor keadaan rumah dari tempat kerja, bahkan dapat juga mematikan dan menghidupkan peralatan yang berada di rumah. Ciri khas yang ingin ditunjukkan dengan diciptakannya smart home ini adalah bisa memberikan kenyamanan dan keamanan penghuninya.

Desain pada smart home juga tidak terlalu berbeda dengan rumah tradisional pada umumnya. Hanya saja, smart home mempunyai nilai plus yang lebih banyak. Berikut ini adalah tampilan desain smart home. 



User

Bagaimana cara menggunakan smart home? Apakah sistemnya juga dibuat user friendly? Nah, itu merupakan pertanyaannya sekarang. Jawabannya adalah smart home dapat digunakan dengan mudah. Ya, karena biasanya smart home dikendalikan dengan remote control. 




Dengan remote control yang ada, anda dapat bersantai menikmati liburan dengan home theater, dapat melihat tamu yang datang karena telah dipasang CCTV di pintu gerbang, membuka dan menutup pintu secara otomatis, menghidupkan keran dan menyiram tanaman di halaman hanya dengan memencet remote, dan lain-lain. Intinya, cukup dengan menggunakan satu remote, anda dapat mengendalikan semua peralatan yang ada di rumah anda. User sangat dimudahkan dan dimanjakan dengan adanya smart home.

Technology

Smart home system tentu saja tidak akan bisa secerdas itu tanpa sekumpulan unsur-unsur yang saling berhubungan. Kecerdasan tersebut berasal dari integrasi sempurna berbagai perangkat dalam suatu jaringan di dalam smart home itu sendiri. Jaringan yang dipakai bisa berbasis saluran telepon, kabel-kabel, saluran nirkabel dan lain sebagainya. Security system pada smart home juga sangat baik karena dikendalikan secara otomatis.
Alat-alat rumah tangga yang ada pada smart home dikonsep terhubung dengan Internet yang bisa men-download informasi aktual dan lengkap yang berguna dari pabriknya. Selain itu, bila bel pintu pada smart home berbunyi sedangkan anda sedang menonton TV Interaktif, maka gambar video tamu akan segera muncul pada webpad anda. Dengan teknologi yang secanggih itu, anda juga bisa membuat program untuk seluruh rumah, mulai dari menyalakan lampu saat gelap, membuka tirai jendela saat matahari mulai terbit dan lain-lain. Asyik bukan?



0 comments:

Post a Comment