Saturday, July 6, 2013

Belajar Coding JavaScript

BELAJAR CODING JAVASCRIPT

Selamat datang di NIAT BANGET
Di sini kita akan belajar Coding JavaScript
Semoga apa yang saya sampaikan, bermanfaat bagi kita semua
Jika ada salah2 kata, mohon pencerahannya master ^_^

VARIABEL

-String

Gunanya untuk keterangan, jadi boleh ada symbol dan harus pake tanda kutip.Contohnya “hello, my name is gebooy” .terus juga boleh pake tanda kutip satu contohnya ‘”wah!”, kata dia’.

-Number

Variabel angka, ditulis tanpa tanda kutip, jadi kalo mau nulis angka 9 ya tulis aja 9.

-Boolean

Variabel Boolean itu ada 2, true atau false, jadi Boolean itu pilihan, mungkin untuk menjawab pertanyaan dari string “apa videonya sudah menyala ?” maka responsenya bisa true atau false.

 

Cara menaruh variabel ke code kita di javascript

myVariable = “hello world!”;
Ada beberapa yang perlu di perhatikan, yang pertama itu nama myVariable , semua  bahasa pemrograman punya yang namanya bahasa pengantar, yang artinya kamu tidak bisa menggunakannya sebagan nama variable,untuk menghindari hal itu maka diberi awalan my pada kata variable, bisa di ganti seterah kita kok..
Lalu yang kedua itu tanda titik koma ; yang ada di akhir code. Fungsinya sebagai penanda akhir command, hampir semua bahasa pemrograman harus menggunakan tanda titik koma ini.
Satu hal yang harus di perhatikan lagi, bahwa kalo javascript itu lossely typed language. Ada 2 jenis tipe yaitu lossely typed language dan strictly typed. Contoh bahasa strictly typed adalah action script dengan variable  yang sama seperti di atas.
VarmyVariable:String = “hello world!”;
Perbedaannya ada di kata varsama string. Kata var untuk memberitahu komputer bahwa itu adalah variable .terus kata :string menempel ke nama variable memberitahu komputer apa tipe variable itu dan menolak tipe lainnya (jadi kalo tipe itu ya tipe itu).
Inilah alasanya kenapa javascript mudah di pelajari karena gak usah pake kata2 itu lagi.

MEMBUAT VARIABLE DAN MENGGUNAKAN FUNGSI JAVASCRIPT ALERT ()

Contohnya :

<script type="text/javascript">
                                myNumber = 5;
                                myString = "Hai, nama saya AhmadZulfikar ^_^";
                                myBoolean = true;
                                alert(myString);
                </script>


Pada contoh di atas ada 3 variable, Number, string, Boolean..nahdisitu juga ada fungsi alert(…) fungsi alert itu adalah pada saat suatu page di buka maka akan ada pemberitahuan untuk mengklik tombol. Nah yang di dalam tanda kurung itu lah yang akan muncul..pada contoh (myString) maka pemberitahuan yang muncul adalah kata kataHai, nama saya AhmadZulfikar ^_^.


MEMBUAT STATEMENT VARIABLE DI JAVASCRIPT

Kita akan buat statement pakai myscript yang tadi di download..
Pertama tama kita buat 4 variabel, nanti variable nya bakalan kita buat kalimat nih..
varnamaSaya = "gebooy";
varbuahkesukaan = "durian";
varjumlahdimakan = 5;
vartotaldimakan = 8;
variabel– variabel dia tas bisa diubah sesuai keinginan…
nah kalau sudah kita buat lagi variabel statemen dari variabel di atas dan menggabungkan semuanya jadi satu kalimat
varmyStatement = namaSaya + " makan " + jumlahdimakan + " " + buahkesukaan + ".";
nah disitu ada bberapa yang beda, yaitu adanya kata makan dan spasi. Tujuannya untuk menjadikan kalimat yang koheren..
selanjutnya tinggal tambahkan variabel alert
alert(myStatement);


nah sekarang kita gunakan sedikit matematika biar ngitung :D

varmyStatement = namaSaya + " makan " + jumlahdimakan + " " + buahkesukaan + ", meninggalkan " + (totaldimakan - jumlahdimakan) + " " + buahkesukaan + " tersisa.";
yang kita perhatikan pada command di atas itu ada variabel (totaldimakan–jumlahdimakan). Ketika kamu menambahkan variable string apa saja (bahkan number), akan terbentuk string baru. Jika kamu menambahkan 2 angka bersamaan, maka akan terbentuk perhitungan matematika (artinya 2 + 3 sama dengan 5 bukan 23 ), karena dalam gabungannya itu ada string.

ARRAYS AND LOGIC STATEMENT

Bagian ini merupakan bagian terpanjang dan tersulit bagi pemula, tapi dipastikan kita bisa asal rajin mengulang dan mencoba (^_^)/.

ARRAY

Array merupakan salah satu type variable, namun lebih terlihat seperti kotak dengan isi yang beragam.Tidak seperti variable yang kita bicarakan sebelumnya, kali ini array dapat menyimpan data lebih dari satu.Yuk
mari kita lihat bagaimana array itu.
VarmyArray = new Array(“lisa”, “George”, “adam”, “paloma”, “Jeffrey”);
Kita baru saja membuat array dengan namamyArray, yang isinya ada 5 nama. Setiap nama dipisahkan dengan tanda koma, dan diapit oleh tanda kutip karena nama2 tersebut adalah string. Seperti yang sudah kita duga, bahwa array fungsinya adalah untuk menyimpan data lebih dari satu (mini database) angka juga bisa kok.
myArray [0]
Maksud dari atas akan merujuk ke LISA, karena lisa merupakan nama pertama yang ada di variable array di atas, jika kamu ganti 0 ke 1, maka akan merujuk ke adam. Jika kamu menaruh angkanya di belakang angka seperti (12) tidak akan bisa.

Seperti itulah array bekerja, bukan hanya itu tapi ribuan yang kamu bisa lakukan dari variable array ini.

 

FOR LOOPS


For Loops ini hal yang paling compleks  yang akan kita bahas kali ini. Dan kita akan membahasnya sebelum statement if, karena kita akan menggunakan  if ini sebagai kebiasaan. ?
Jadi arti dari for loops pada dasarnya adalah menjalankan sekumpulan code waktu dan angka yang selalu berubah.Misalnya ada variabel i. nah diharuskan jalan sejauh 1 mile, dan sekarang kamu berada di seperempat jalan (dibagi 4 lap).Untuk menyelesaikan jalan kamu harus mengelilingi selama 4 kali.Contoh statement for :


For (i=0; i<4; i++)
{
Run ();
}


Mari kita bahas.Ketika kamu ketik for, itu artinya kamu memerintahkan komputer untuk melakukan statement for.Sama ketika kita mengetikan kata varuntuk variable.

I=0

Jadi kata i itu variable yang akan kita gunakan (sebenarnya bukan variable tapi suatu hal yang akan kita gunakan, bisa kita gunakan kata apa saja sebenarnya, gak terpaut sama huruf I ini.) kenapa i=o ?karena kita kan belum muterin 1 round/lap tadi, jadi mulainya dari 0..

 

I<4

jadi kan loop itu adalah sebuah kumpulan code yang  dijalankan sampai kita perintahkan untuk berhenti. Nah tadi kan untuk berlari sejauh 1 mile, di perlukan 4 lap/putaran. Jadi kita beri perintah si I ini untuk terus berlari sampai 4 kali.Kalo kita pengen dia lari sejauh 2 mile, kita ganti aja jadi i<8.

 

i++

kondisi yang terakhir cukup simple. Menambahkan satu i setiap kali loop telah complete.Kamu bisa gunakan ++ atau – untuk menambahkan atau mengurangi.Bagian ini sangat penting karena kita akan memberitahu for loop untuk berhenti ketika i>/codenya. Kan tadi kita suruh sampai 4 kali, jadi ya harus ditambah terus setiap kali jalan.Kalo gak pake perintah ini ya gak bakal selesai2..

 

di dalam kurung kurawal

di dalam kurung kurawal {} ada kata run(), tapi di contoh kali ini tidak ada sesuatu di dalamnya. Pada dasarnya kamu menaruh kode apapun yang ingin kamu masukan di dalam kurung kurawal.( kurang ngerti saya)

 

coba ulangin dong!!
Oke kita akan me-riview ulang nih biar ngerti.
·         kata for mendeklarasikan komputer bahwa kita menjalankan fungsi for loop.
·         i=0 mengeset variable i sebagai 0. Karena inilah starting point kita.
·         i<4 memberitahu for loop untuk berhenti ketika si i mencapai 4.
·         i++ memberitahu for loop untuk menambahkan i sebanyak satu setiap kali proses selesai.
·         Semua code yang di desain untuk loop yang mengharuskan jalan harus berada di dalam kurung kurawal.

0 comments:

Post a Comment