Wednesday, July 17, 2013

Mozilla Luncurkan OS baru

Selamat Datang Di NIAT BANGET

Mungkin para pembaca sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Mozilla Firefox, alat peramban tersebut telah meluncurkan Sistem Operasi terbaru.
Lebih lengkapnya mari kita baca artikel dibawah ini.

Firefox OS (kadang-kadang disingkat FxOS) adalah sistem operasi mobile baru yang dikembangkan oleh Mozilla. menggunakan kernel Linux dan mesin berbasis Gecko, yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi yang dikembangkan seluruhnya menggunakan HTML, JavaScript, dan open web application APIs lainnya.

Firefox OS saat ini dalam pengembangan besar; para pekerjanya terus bekerja untuk membuatnya lebih mudah digunakan dan hack pada Gaia (aplikasi standar) dan membuat sendiri. Namun, Anda perlu pengetahuan tentang sistem untuk melakukan hal-hal seperti membangun Firefox OS stack, atau memasang Firefox OS kedalam handphne Anda.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011 lalu.



Pada awal bulan ini, Mozilla secara resmi meluncurkan 2 smartphone berbasis Firefox OS di Spanyol. Kedua smartphone tersebut, yaitu ZTE Open dan Alcatel OneTouch termasuk kelas pemula dengan ukuran layar 3,5 inci dan harga relatif murah.

Di Spanyol, ZTE Open dijual sekitar Rp900.000. Belum ada kabar kapan ponsel ini akan hadir di Indonesia, namun yang jelas Mozilla memang menargetkan pasar negara berkembang.

"Bagi banyak pengguna, ini akan menjadi smartphone pertama yang akan mereka beli," kata Chris Lee, kepala produk Firefox OS. Firefox OS akan menargetkan pasar di mana masih banyak pengguna feature phone.

Meski baru diluncurkan, Firefox OS sudah memiliki beberapa aplikasi terpopuler, seperti Twitter dan Facebook, termasuk peta Nokia Here.
Beberapa operator seluler juga menyuarakan dukungan untuk Firefox OS. Ada Deutsche Telekom (induk perusahaan T-Mobile), Etisalat (yang beroperasi di 18 negara termasuk Timur Tengah, Asia dan Afrika), Sprint di Amerika Serikat dan Telefónica di Spanyol.

Mozilla mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka. Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5.

Fungsi-fungsi perangkat mobile Firefox OS seperti panggilan telepon, pesan, kalender, dan lainnya, didasarkan pada HTML5. Hal ini disebut Mozilla akan membuka peluang bagi pengembang aplikasi (developer).

Menurut Mozilla, developer bisa membuat aplikasi yang dapat melihat dan menganalisa sejarah pesan teks atau bahkan mengirim pesan secara otomatis dalam situasi tertentu.

Sedikit banyak, Firefox OS akan bersaing dengan Android karena keduanya sama-sama bersifat terbuka (open source) dan bisa digunakan secara gratis oleh vendor ponsel.



Semoga Artikel di atas dapat bermanfaat bagi kita semua
salah hangat dari penulis

0 comments:

Post a Comment